Ditemukan Pesan dalam Botol Ditulis 100 Tahun Lalu

VIVA.co.id - Mantan petugas pos di Jerman dikejutkan dengan temuan sebuah botol. Ini bukan botol sembarangan. Di dalamnya terdapat pesan yang ditulis awal abad 20.

Dalam pesan tersebut tertulis nama George Parker Bidder. Dia adalah ahli biologi laut. Bidder menyebar sekitar 1.020 botol berisi secarik kertas antara tahun 1904 dan 1906. Demikian dilansir Metro.co.uk, Sabtu 22 Agustus 2015.

Ahli biologi itu tercatat pernah bekerja di Marine Biological Association (MBA) di Plymouth, Amerika. Dia sengaja mencemplungkan botol-botol itu untuk menguji arus dalam laut. Botol-botol ini dirancang khusus untuk mengapung di atas dasar laut.

Data dari satu botol yang ditemukan saat ini, Bidder diketahui berhasil membuktikan untuk pertama kali jika arus dalam laut mengalir dari timur ke barat di Laut Utara.

Dalam akhir perjalanannya, botol kaca berusia 108 tahun ini ditemukan oleh mantan petugas pos Jerman, Marianne Winkler. Kala itu, Winkler sedang berlibur di pulau Amrum Laut Utara, terletak di teluk utara Jerman.

Diketahui para peneliti biologi laut ternyata masih menggunakan metode ini untuk meneliti arus laut dalam. MBA mengakui hal ini. Namun bedanya, mereka menggunakan sedikit sentuhan teknologi di dalam penelitian.

"Sangat menakjubkan untuk bisa menemukan apa yang terkandung dalam botol ini. Botol-botol ini ditemukan rata-rata oleh para nelayan yang menyebar jaring di tengah laut," ujar Guy Baker, dari MBA.

Sebelumnya memang telah ditemukan botol berisi secarik surat di dalamnya. Rekor Dunia mencatat, surat tertua yang ditemukan berusia 99 tahun dan 43 tahun. Botol berisi pesan itu dikeluarkan tahun 1914 untuk melakukan eksperimen yang sama.

Jika botol pesan temuan Winkler itu terbukti keasliannya maka ini akan menjadi yang tertua, mengalahkan dua sebelumnya.

No comments:

Post a Comment